Ketika Integritas Bangsa Indonesia Dipertanyakan...

Selasa, 08 Mei 2012



Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,

Bagaimana kabar rekan-rekan mahasiswa? Masih berkobar dengan idealisme?

Pada posting kali ini, saya tidak akan berpanjang lebar. Saya ingin sekali bertukar pikiran mengenai kondisi kekinian
bangsa Indonesia...

Sesuai dengan narasi di atas, berbicara mengenai integritas,
bangsa Indonesia dihadapkan pada permasalahan konsistensi kebangsaannya. Apa saja yang kemudian menjadi begitu penting bagi kita sebagai generasi muda bangsa, untuk menganalisa berbagai permasalahan bangsa ini?
Politik. Implementasi sistem politik dan tata negara di Indonesia semakin kompleks. Ini terbukti dengan berdirinya lembaga negara, dengan pembagian kekuasaan dan kewenangan. Tujuan pembagian ini tentunya untuk meminimalisir kekuasaan yang absolut, namun pada kenyataannya lembaga - lembaga negara yang ada malah kontraproduktif. Apa yang salah dengan kondisi ini?

Ekonomi. Liberalisasi sudah tak terbendung lagi, namun pemerintah sebagai pelaksana kebijakan ekonomi masih kurang siap dalam memberikan proteksi terhadap ekonomi rakyat. Yang terjadi, kapitalisme besar - besaran di seluruh sektor ekonomi, bahkan menggusur eksistensi ekonomi rakyat. Bagaimana penyelesaiannya?

Sosial budaya. Pengaruh budaya pop terhadap generasi muda Indonesia, telah melunturkan nilai - nilai luhur sebagai bangsa yang berbudi. Karakter generasi muda telah meniru idola - idola pop yang kebanyakan mengambil keuntungan dari popularitas. Mau dibawa kemana generasi muda Indonesia kalau sudah begini?

Agama. Keberadaan agama sebagai penggerak nilai - nilai kebaikan sudah tak mampu lagi menggerakkan kebaikan dalam kehidupan bermasyarakat. Fanatisme dan radikalisme tumbuh subur sebagai penggerak kebencian. Apakah ini yang kita inginkan sebagai bangsa Indonesia?

Pertahanan keamanan. Pertahanan negara tertinggal selangkah di belakang negara - negara tetangga yang memiliki manajemen pertahanan yang lebih baik. Keamanan di lingkungan masyarakat kita seolah menjadi barang mahal yang harus dijaga atau konsekuensi buruk harus ditanggung bersama.

Bagaimana pendapat anda? Silahkan tuliskan di kolom komentar. Semoga bermanfaat

Tidak ada komentar: