Mengawal Indonesia

Senin, 07 Mei 2012

Mungkin rekan-rekan sekalian bertanya-tanya dengan judul ini. Mengapa Indonesia perlu dikawal dan dalam konteks apa kita harus mengawal Indonesia?


Narasi ini sebagai bentuk kritik atas kredibilitas penyelenggaraan pemilihan kepala daerah di Indonesia. Potensi konflik yang timbul akibat pesta demokrasi ini, menjadi satu catatan penting, dan sebagai warga negara yang melek politik, kita harus kritis terhadap masalah ini.


Mengawal penyelenggaraan pilkada merupakan sebuah keharusan dalam menegakkan demokrasi yang kredibel. Manifestasi dari demokrasi yang kredibel ini adalah penyelenggaraan pilkada yang bersih dari penyimpangan. Karena target utama dari penyelenggaraan pilkada yang bersih adalah menghasilkan kepala daerah yang kredibel dan memiliki integritas.


Penyelenggaraan pilkada yang bersih membutuhkan pemahaman yang baik akan prosedur penyelenggaraan pilkada. Oleh karena itu SDM yang terlibat, harus memiliki kapabilitas dan profesional.


Dengan sedikit gambaran tersebut, semoga dapat memberikan kontribusi dalam mewujudkan kepemimpinan Indonesia yang dapat dipercaya oleh masyarakat dan bangsa Indonesia.

Tidak ada komentar: